Browsed by
Month: September 2016

Berbagai Permasalahan Kuku

Berbagai Permasalahan Kuku

Kuku pun tak kalah penting dirawat layaknya anggota tubuh lainnya. Kuku yang sehat, bersih, dan cantik jelas akan sangat menunjang penampilan. Bicara mengenai kuku, bagaimana cara yang tepat merawat kuku? Pertama, bisa memotong kuku setiap satu minggu sekali. Kedua, menggunakan nail buffer agar kuku tampak berkilau.  Ketiga, menggunakan alat kikir agar ujung kuku lebih rapi atau berbentuk sesuai keinginan. Keempat, bisa menggunakan alat gunting kutikula sehingga tidak memicu cantengan jika ditarik. Kelima, bisa memanfaatkan minyak zaitun. Berbicara mengenai kuku, kuku juga memiliki berbagai permasalahan yang dapat merusak penampilannya, sebagai berikut:

Kuku menguning

Kuku menguningKuku yang menguning umumnya disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

Jamur. Infeksi jamur pada kuku membuat kuku terlihat menguning. Bila dibiarkan jamur akan membuat kuku lepas hingga mempengaruhi kondisi kesehatan. Solusinya gunakan obat anti jamur yang diberikan dokter.

Cat kuku. Cat kuku memang membuat kuku menjadi lebih indah, namun efek sampingnya kuku bisa menguning. Solusinya, gunakan cat kuku maksimal 10 hari dan biarkan kuku bernafas beberapa hari sebelum memasangnya kembali, pakai base coat, dan jika perlu jangan terlalu sering gunakan cat kuku.

Rokok. Selain membuat bibir menghitam, dampak buruk lain yang ditimbulkan karena merokok adalah gigi kuning. Solusinya adalah dengan menggunakan lemon sebagai bleaching.

Kuku menguning bukan hanya akibat dari 3 penyebab di atas, melainkan juga bisa jadi indiaktor beberapa penyakit. Beberapa penyakit yang dikaitkan dengan kuku menguning adalah gangguan pada liver, penyakit hepatitif, diabetes, dan bronchitis kronis. Untuk itu, silakan periksakan diri ke dokter jika memang kuku menguning tanpa ada sebab dan musababnya.

Kuku lambat panjang    

Kuku lambat panjangMemiliki kuku panjang menjadi idaman bagi sebagian wanita. Dengan memiliki kuku panjang, kuku akan terlihat lebih cantik terutama jika dicat atau dipasang nail art. Hanya saja, kuku lambat panjang menjadi kendala yang sering dihadapi sebagian wanita. Sebetulnya, apa yang menjadi penyebab kuku lambat panjang? Menurut informasi, kuku tangan akan tumbuh lebih kurang 3 mm setiap bulannya di mana dipengaruhi oleh nutrisi tubuh & kondisi fisik. Artinya, ketika tubuh kekurangan nutrisi dan fisik tidak lagi prima, pertumbuhan kuku akan terhambat. Makanya, harus penuhi nutrisi tubuh & jaga kesehatan fisik jika ingin kuku cepat panjang. Di samping itu, bisa ikuti strategi ini:

  • Merendam kuku dengan air jeruk diamkan 5 menit, kemudian bilas dengan air bersih
  • Memanfaatkan tomat yang telah dihaluskan dan dicampur minyak zaitun
  • Mengkonsumsi vitamin B & E dari tauge, ikan, dll
  • Menghindari kebiasaan menggigit kuku

Solusi lainnya jika memang ingin kuku panjang, tapi sulit untuk memanjangkannya adalah menggunakan kuku palsu akrilik, gel, atau sculptured nail. Hanya saja, tidak dianjurkan digunakan dengan durasi & frekuensi yang berlebihan karena berpotensi merusak kuku asli, apalagi jika pemasangannya salah.

Kuku mudah patah

Kuku mudah patahKuku yang mudah sekali patah menjadi masalah yang sangat menyebalkan terutama bagi mereka yang ingin memanjangkan kuku & memiliki kuku yang sulit tumbuh. Kuku mudah patah biasanya acap kali dialami oleh mereka pemilik kuku tebal serta mereka yang sering terpapar bahan kimia dari pembersih cat kuku atau detergen berlebihan. Adakah solusi untuk mengatasi kuku mudah patah? Menggosokkan belimbing wuluh, mengoleskan getah lidah buaya, menancapkan bawang putih ke ujung kuku, mengkonsumsi vitamin B5, serta mengkonsumsi kalsium cukup.

Kebiasan Baik untuk Mencegah Penyakit Kanker Otak

Kebiasan Baik untuk Mencegah Penyakit Kanker Otak

kanker otak

Kanker otak atau tumor otak merupakan penyakit yang cukup berbahaya bagi penderitanya. Kanker otok terbagi dua jenis ada yang ganas dan juga tidak. Penyakit kanker otak ini bisa dialami oleh siapa saja. Hal ini dikarenakan penderita kanker otak tidak mengenal umur. Penyakit kanker otak bisa dialami oleh siapa saja baik itu anak-anak, remaja, dewasa, dan juga lanjut usia. Ada banyak yang bisa menyebabkan kanker otak. Tahukah Anda apa saja yang menyebabkan kanker otak? Kanker otak dapat disebabkan oleh berbagai masalah, seperti rediasi, bahan kimia, makanan, dan lain sebagainnya. Jika kanker otak tidak cepat untuk ditangani, maka sangat berbahaya. Oleh karena itu, jika penyakit ganas ini tidak ingin terjadi pada Anda, maka Anda harus mencegahnya. Adapun kebiasan baik yang harus dilakukan oleh Anda untuk mencegah kanker otak, seperti berikut ini.

Melakukan pemeriksaan ke dokter

Bertindak lebih cepat merupakan langkah yang tepat untuk mencegah berbagai penyakit. Begitu juga ketika Anda mengalami atau merasakan pusing kepala yang tidak sembuh-sembuh, muntah-muntah tanpa sebab, dan penglihatan menurun. Cobalah Anda melakukan pemeriksaan ke dokter. Dengan Anda melakukan pemeriksaan, maka Anda akan mengetahui penyakit apa yang diderita. Hal ini dikarenakan menderita kanker otak bisa dengan ciri-ciri seperti yang disebutkan di atas. Dengan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter, tentunya Anda akan bertindak lebih cepat untuk mengerahui penyakit apa yang diderita. Jika benar merupakan penyakit kanker otak, maka Anda setidaknya akan mencegah untuk membuat kanker otak tidak berkembang dan menjadi kanker yang ganas.

Menerapkan pola hidup sehat

Yang dapat menyebakan timbulnya berbagai penyakit kanker bisa dikarenakan faktor pola hidup yang tidak sehat. Adapun pola hidup yang tidak sehat itu seperti merokok, minum alkohol, konsumsi makanan cepat saji, dan lain sebagainya. Nah, untuk mencegah agar Anda tidak terkena penyakit kanker otak, maka Anda harus membiasakan diri untuk menerapakan pola hidup sehat. Anda harus menghindari rokok dan juga minuman beralkohol. Selain itu, Anda harus biasakan mengkonsumsi makanan yang sehat, seperti buah-buahan dan sayuran. Menerapkan pola hidup sehat, tidak hanya menghindari diri Anda dari penyakit kanker otak, tapi juga membuat tubuh sehat dan menjaga tubuh agar tetap ideal.

Menghindari stres

Banyak pekerjaan terkadang membuat orang menjadi stress. Ketika Anda dalam kondisi stress dan dipaksakan bekerja, tentunya hasilnya tidak akan maksimal. Selain itu, membuat Anda semakin tertekan dan semakin stres. Jika masalah ini Anda biarkan tanpa mencari solusinya, maka membuat Anda terserang berbagai penyakit. Stres merupakan salah satu faktor yang menyebakan penyakit kanker otak. Untuk itu, jangan biarkan stres selalu ada di dalam pikiran Anda. Sempatkan diri Anda beristirahat dengan cara pergi traveling agar lebih fresh.

Menghindari radiasi secara langsung

Smartphone/hp merupakan salah satu benda yang memiliki radiasi tinggi pada otak. Penggunakan radiasi seperti hp ini jika digunakan secara langsung, maka tidak akan baik untuk kesehatan. Adapun kesehatan yang dapat tergangu dengan benda yang memiliki radiasi seperti smarphone genggam ini dapat menyebakan timbulnya penyakit kanker otak. Cara terbaik untuk mencegah agar tidak terkena penyakit kanker otak, Anda jangan menggunakan smartphone genggam secara langsung. Jika Anda menggunakan smartphone genggam lebih dari 15 menit ada baiknya gunakan pelindung (headset).

Demikianlah beberapa kebiasan baik yang dapat diterapkan oleh Anda dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah penyakit kanker otak.